Download Soal Ujian Akhir Semester (UAS) UT PGSD PDGK4406 Pembelajaran Matematika SD
Posted by Ferdiansyah Syaiful Hijrah
SOAL UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)Pembelajaran Matematika SDPDGK4406
Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban PDGK4406 PembelajaranMatematika SD
1. kekuatan matematika yang mejadi dampak dari berkembangnya aliran
konstruktivistik, kecuali
A. menyelesaikan soal-soal yang tidak rutin
B. mengkaji, menduga dan memberikan suatu alas an secara logis
C. meningkatkan ketekunan dan keuletan
D. meningkatkan ide-ide antara matematika dan kegiatan intelektual
Jawab:
C. Benar, dampak dari berkembangnya aliran kontruktivistik adalah
Pembahasan:
Bacalah Modul 1 KB 1 tentang landasan pembelajaran MAtematika berdasarkan KBK
2. kelemahan dari teori thorndike adalah
A. kurang memberikan warna pada pembelajaran
B. tidak memperhatikan tingkat intelektual anak
C. hanya berorientasi pada target
D. kurang memberikan wawasan pada penyelesaian masalah
Jawab:
C. Benar, Penerapan teori thorndike ditengarai banyak penyimpangan karena pada
akhirnya target pencapaian materi pelajaran menjadi sasaran utama
Pembahasan:
Bacalah Modul 1 KB 1 tentang landasan pembelajaran MAtematika berdasarkan KBK
3. Agar siswa mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan
zaman, maka prinsip yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran diantaranya
A. mengembangkan strategi pembelajaran yang tepat dan beragam
B. berorientasi pada lingkungan
C. memperhatikan keadaan pendidikan
D. mempelajari materi yang disajikan
Jawab:
A. Benar, agar siswa mempunyai kompetensi yang sesuai perkembangan zaman maka
harus mempunyai cirri/ prinsif
Pembahasan:
Bacalah KB 2 pada modul 1 tentang pelaksanaan pembelajaran matematika yang
konstruktivistik
4. jumlah siswa kelas I dan kelas III adalah 10 orang, jumlah siswa kelas I dan II
sebanyak 7 orang, sedangkan jumlah siswa kelas II dan III sebanyak 12 orang. Dengan
menggunakan penyelidika matematis berapa jumlah siswa keseluruhan?
A. 12
B. 13
C. 14
D. 15
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Dik I+III=10
I+II=8
II+III=12
Dit: I+II+III
Jawab
(I) I+II=8
I+III=10
II-III=-2
(II) II-III=-2
II+III=12
-2III=-14
III=7
(III) I+III=10
I+7=10
I=3
(IV) I-II=8
3+II=8
II=5
Jadi
I=3
II=5
III=7
I+II+III=15
Seluruhnya ada 40 Soal beserta pembahasannya. Untuk DOWNLOAD Filenya (dalam bentuk pdf) silakan klik gambar Download di bawah ini.