Download Soal Ujian Akhir Semester (UAS) UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKn di SD
Posted by Ferdiansyah Syaiful Hijrah
SOAL UJIAN UNIVERSITAS TERBUKAFAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKANPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)Pembelajaran PKN di SDPDGK4201
Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban PDGK4201 Pembelajaran PKNdi SD
1. Dalam kurikulum di bawah ini yang sudah mengenal istilah pendidikan
kewarganegaraan adalah kurikulum ....
A. tahun 1946
B. tahun 1957
C. tahun 1961
D. tahun 1968
Jawab:
D. benar, karena kurikulum tahun 1968 baru dikenal istilah pendidikan
kewarganegaraan, yang mencakup sejarah Indonesia, Geografi, dan Civics
Pembahasan:
Untuk menjawab latihan ini Anda diharapkan mempelajari Modul 1 KB 1
2. Menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006, bahwa tujuan dari mata pelajaran
pendidikan kewarganegaraan adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut. Kecuali….
A. berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
B. berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi
C. berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan
karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa
lainnya
D. berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara langsung
atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar negara lebih
kuat
Jawab:
D. salah, karena berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia
secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar
negara lebih kuat bukan merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab latihan ini, Anda diharapkan mempelajari Modul 1 KB 2
3. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata
pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral, adalah….
A. materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 45 berserta dinamika
perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara Indonesia
B. sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pancasila dalam bentuk perilaku nyata kehidupan sehari-hari
C. proses pembelajarannya menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan sosial dari
peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai tersebut bukan hanya dipahami tetapi
dihayati sekaligus dilaksanakan
D. materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh
warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi
tegas
Jawab:
D. benar, karena materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus
dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka
akan mendapatkan sangsi tegas bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata
pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral
Pembahasan:
Untuk menjawab latihan ini, Anda harus mempelajari Modul 1 KB 3
4. Dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata ditangkap dan
diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan
dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui
proses belajar, merupakan pandangan dari….
A. Hermannu
B. Lickona
C. Bloom
D. Alisyahbana
Jawab:
A. benar, karena menurut Hermann bahwa dalam pendidikan nilai, substansi nilai
tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti
ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas
pribadi seseorang melalui proses belajar
Pembahasan:
Untuk menjawab latihan ini, Anda harus mepelajari Modul 2 KB 1
Seluruhnya ada 50 Soal beserta pembahasannya. Untuk DOWNLOAD Filenya (dalam bentuk pdf) silakan klik gambar Download di bawah ini.